ABSTRAK
Hidayat, Koko Ponco. 2009. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yang Berwawasan Konstruktivisme pada Materi Pokok Aproksimasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X AK SMK Negeri 2 Semarang. Pembimbing I : Drs. Amin Suyitno, M.Pd, Pembimbing II: Alamsyah, S.Si. M.Kom.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran matematika di SMK N 2 Semarang yang masih menggunakan ceramah dan latihan soal. Selain itu faktor dari peserta didik seperti yang disampaikan oleh guru matematika bahwa peserta didik merasa jenuh dan tegang saat mengikuti pelajaran matematika, peserta didik juga sangat pasif, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMK N 2 Semarang kurang maksimal, sebaliknya peserta didik merasa senang jika proses belajar mengajar lebih bervariasi. Dari latar belakang tersebut dapat ditemukan rumusan masalah apakah pembelajaran matematika dengan penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang berwawasan konstruktivisme pada materi pokok aproksimasi lebih efektif terhadap pemecahan masalah daripada pembelajaran matematika konvensional pada peserta didik kelas X AK SMK Negeri 2 Semarang?
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X AK SMK N 2 Semarang. Variabel penelitiannya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian yang pertama kali dilakukan adalah observasi awal dengan guru mitra untuk mengetahui keadaan awal dari subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap, tahap 1 adalah tes awal terhadap kelas uji coba, tahap kedua yaitu pembelajaran terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen, tahap yang terakhir yaitu tes uji kemampuan pada kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini dikatakan berhasil jika telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai memenuhi KKM yaitu 67 dan ketuntasan belajar minimal 80%.
Berdasarkan analisis data, diperoleh z hitung = 2,024342 dan z 0,45 = 1,64. Karena z hitung > z tabel maka kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dari analisis selanjutnya pada kelas eksperimen diperoleh zhitung = 2,025231 dan z0,45 = 1,64. Karena z hitung > z tabel maka prosentase kelas eksperimen lebih dari 80%. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh zhitung = -0,79057 dan z0,45 = 1,64. Karena z hitung < z tabel maka prosentase kelas kontrol tidak lebih dari 80%.
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berwawasan konstruktivisme lebih efektif dari pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok aproksimasi. Akan tetapi perlu diadakan persiapan yang maksimal supaya pembelajarannya dapat berjalan dengan maksimal.
Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Konstruktivisme
Tidak ada komentar:
Posting Komentar